Selasa, 11 Januari 2011

Latihan Dasar Kepemimpinan


8 january 2011, hari sabtu tepatnya.. calpan sentra A n B bikin LDK(latihan dasar kepemimpinan) yang bertujuan untuk menyiapkan calon pemimpin GM dki yang baru di tahun 2011 ini.. pesertanya ada 21.. 14 orang dari sentra B dan 7 orang dari sentra A.. sekitar jam 5 kami berangkat ke sukabumi menggunakan tronton.. truk marinir lebih tepatnya.. terdengar sangat menyenangkan.. kami berfoto di truknya, sampai 1 jam perjalanan kami masih bercanda, bernyanyi, dan berfoto-foto.. memasuki 2 jam lebih perjalanan kami mulai bosan dan mulai bete, di tambah lagi jalanan yang macet membuat kami kepanasan dan kelaparan.. berasa bener2 mau perang..

Memang aujubile jalanannya.. kira2  5 jam lebih perjalanan kami belom sampai ke tmpat tujuan.. memang uda sampai sukabumi, tapi masi ke dalem lagi..mau tdur pun susah karena bangkunya seperti bangku angkot yang kecil..

Jalan jam 5, sekitar jam 11an kita sampai.. yaa aku davy dewi novita ellen sisca sheila udah menyusun strategi untuk malam ini.. kami sudah curiga akan ada jurit malam.. namun panitia bilang kita lebih baik tidur karena paginya akan bangun pagi sekali.. aku dan lainnya tidak percaya akan hal itu.. setelah memasuki kamar, aku davy novita dan ellen bergosip dulu.. kami membicarkan kuptun untuk tanggl  16.. sekitar jam 1 kita mulai terlelap..

Jeng jong.. seperti dugaan.. jam 2 pagi kita di bangunin dengan cara yang maha dasyat.. para marinir menggunakan senapan angin dan menembakkannya ke langit-langit untuk membangunkan kita.. memang suaranya dasyat.. sura tembakan yang belom pernah aku dengar secara langsung sebelumnya memang sangat mengerikan.. kenceng banget.. seketika semua anak2 bangun, memakai celana panjang dan memakai sepatu lalu berkumpul di lapangan atas..

Dengan cepat marinir membagi kita dalam 3 kelompok.. kebetulan aku bersama dewi, novita, ellen, sheila, sisca dan theo.. karena theo cowo sendiri, kita memilihnya menjadi ketua..  pelatihnya menyuruh kita untuk mencari nama kelompok dan membuat yel2 kelompok.. nama kelompok kita adalah ceria.. ceriaaaa... ciki ciki ci.. ciki ciki ci.. ciki ciki ciki ciki ciki ciiiiiii.. ceriaaaa.. semangat ceria yes yes yes.. itu lah yel2 kelompok kami..

Setelah membagi kami menjadi 3 kelompok, pelatih membagi kita menjadi 7 kelompok, aku bersama sisca dan anthony(sentra a). Kami bersiap untuk jurit malam.. aku urutan terakhir.. pelatihnya memberikan kata sandi merah-putih.. strip strip pen - Pen pen strip ( - - . / . . -) kata sandi itu yang akan kami sebutkan saat sampai di pos.. kata sandi pas di pos terakhirnya “mohon bantuan logistik segera ke coordinat 1575 3025(kalo ga salah inget).. dengan bekal 2 lilin dan 1 kotak korek kita berjalan menyusuri hutan..

Aku jalan di depan, di belakang ku sisca dan paling belakang anthony..dengan susah payah aku menjaga lilin agar tetap menyala.. karena saat itu angin begitu kencang.. sempat beberapa kali lilin mati dan aku hampir tidak bisa melihat apapun karena sangat gelap.. di pos pertama para marinir menakut-nakuti kami dengan pocong2an yang di gantung d pohon lalu di goyang2kan menggunakan tali rafia yang di ikatkan ke pohon..

Sejujurnya aku memang tidak melihat pocong2an itu..hehe.. marinir menyebutkan merah dan seharusnya kita menyebutkan putih..tapi kita mengira kalau harusnya merah kita yang sebut dan  mereka bilang putih.. jadi cuek kita jalan aja terus.. dan yang bikin ga percaya, marinirnya bilang “cucu ku,, km mau kemana? Hey cucu ku..” aku sisca dan anthony berjalan makin cepat..haha.. marinirnya pun memanggil lagi dan brulah kami sadar kalau itu pos pertama..

Perjalanan di lanjutkan ke pos ke dua.. yaa berjalan sangat lancar,, sekalipun gelap.. dan aku memutskan untuk berjalan di belakang anthony.. saat perjalanan di pos ketiga kami di takut2i oleh panitia.. ndok memegang kaki ku dan sisca.. awalnya aku mau cuek aja..tp sisca berteriak dan sekejap aku pun kaget..haha.. 

Paginya kami di bangunkan jam 7, tanpa mandi dan gosok gigi kami langsung menuju lapangan atas dan bersiap out bon di hutan.. dengan kelompok ceria kami menempuh semua outbon nya.. ada 3 permainan yang menggunakan fisik.. menguji kerjasama dan ketangkasan kita.. permainan pertama kami gagal..namun kedua dan ketiga kami berhasil..

Setelah itu ad outbon sesi dua.. di sesi ini lebih menguji kerjasama kelompok.. mulai dari memindahkan bolea dari ember 1 ke ember lain hanya menggunakan tali dan memindahkan cincin2 tali dari 1 bambu ke bambu lainnya.. kelompok kami memang lebih unggul di sini.. karena waktu yang kami butuhkan untuk menyelesaikannya lebih cepat..

Games terakhir bersama panitia yang bnar2 tidak bisa di lupakan.. kami harus membawa lilin dan menyalakan lilin di sisi lainnya dengan di halang2i panitia.. mereka menggunakan air untuk menghalang kami.. kerjasama yang sangat menyenagkan.. kami semua basah kuyup karena di sirem air..

Sekitar jam 5 kami kembali ke jakarta menggunakan tronton yang sama..penyiksaan di mulai.. dengan badan yang luar biasa cape kita harus menempuh 5 jam perjalanan..

Tapi aku sungguh senang bisa ikut LDK.. karena benar2 melatih kita menjadi pemimpin..sungguh kasihan anak2 yang tidak bisa ikut dan yang memang bis aikut tp ga mau ikut.. karena memang untuk menjadi seorang pemimpin bukanlah cara yang mudah.. 

 paling atas ada anthony, tian, sisca, sheila, novita, davy, ellen, aku..
tengah = ndok, putra, dewi, tarno, lolen..
bawah = ratno, dharma, willy, theo..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar